Seragam Taekwondo: Dobok

Dobok adalah istilah Korea untuk seragam Taekwondo. Ini harus dipakai setiap saat selama latihan dan terutama selama turnamen dan permainan sparring.

Etimologi istilah tersebut
Istilah dobok berasal dari dua istilah Korea: "lakukan" yang mengacu pada kata jalan dan "bok" yang mengacu pada pakaian. Dikombinasikan bersama, itu berarti cara pakaian.

Jenis Seragam Taekwondo
Ada dua jenis Dobok yaitu Dobok putih dan hitam. Dobok putih biasanya dikenakan oleh siswa yang dibedakan berdasarkan pangkat berdasarkan warna ikat pinggang mereka. The dobok hitam di sisi lain dikenakan oleh siswa yang telah berhasil mencapai peringkat sabuk hitam tetapi ada juga contoh di mana pemangkasan hitam di kerah dari dobok putih dilakukan hanya untuk membedakan pangkat yang berhasil dicapai siswa.

Kesamaan dengan Seragam Seni Bela Diri lainnya
Seragam Taekwondo sangat mirip dengan jenis seragam lainnya terutama dari Karate dan Judo. Jangan pernah melihat lebih dekat pada seragam ini akan mengungkapkan perbedaan unik tertentu di dalamnya.

Kemiripan dengan seragam seni bela diri ini membuktikan satu hal, fakta bahwa hampir semua seragam Seni Bela Diri Timur mungkin berasal dari judo. "Gi" adalah istilah seni bela diri untuk seragam judo dimana semua seragam seni bela diri lainnya mungkin telah dipola. Ini dikembangkan oleh Kano Jigoro, yang juga merupakan individu pertama yang menggunakan warna-warna berbeda untuk membedakan keterampilan murid-muridnya.

Karakteristik Dobok
The dobok umumnya digambarkan sebagai pakaian atas putih dengan lengan lebar yang dipasangkan dengan celana panjang lebar putih yang diikat oleh sabuk berwarna yang menandakan peringkat individu dan keterampilan.

Saat ini, dobok yang digunakan bermotif atas hanbok Korea, yang biasanya memiliki jaket v-neck tetapi yang lain yang ingin perang "gi" dengan salib di depan jaket masih diterima. Sebelum memasuki turnamen, pastikan Anda memeriksa aturan mereka terkait dengan dobok yang layak diterima sehingga tidak memiliki masalah teknis selama awal turnamen yang sebenarnya.

Tujuan Memakai Seragam Taekwondo
Ada banyak alasan mengapa orang akan ingin memakai dobok tetapi berdasarkan Encyclopedia of Tae-kwon-do ini adalah alasan utama mengapa memakai dobok selama pelatihan dan turnamen diperlukan.

1. Pemakai memperoleh kebanggaan dan martabat hanya dengan mengenakan dobok. Ini mengingatkannya pada ajaran Taekwondo dan kebajikan dan nilai-nilai yang datang bersama dengan pengetahuan yang mungkin dia pelajari dari gurunya.

2. Ini membedakan pangkat seorang siswa tertentu. Berdasarkan warna sabuk yang dia pakai, dengan mudah mengidentifikasi tingkat dan keterampilan yang diperoleh individu tertentu.

3. Ini membawa warisan sejarah dan tradisi yang telah diwariskan pada masa-masa awal Korea hingga masa kini.

4. Praktis dan sehat untuk digunakan bahkan selama turnamen.

5. Ini membantu menanamkan kebaikan kerendahan hati kepada pemakainya karena tingkat dan derajat yang dilambangkan oleh dobok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *