Bagaimana Mempromosikan dan Merekrut Investor dengan Sukses?

Pembicaraan kecil dengan calon investor dapat mengarah pada investasi impian Anda. Tapi bagaimana Anda mendekati percakapan seperti itu? Anda bekerja siang dan malam di startup Anda. Anda mendapat tim pemenang dan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan produk hebat. Sekarang yang Anda butuhkan adalah menemukan investor. Anda tahu bahwa apa yang memisahkan Anda dari mimpi hidup Anda adalah satu panggilan telepon. Nah, ada kabar baik dan kabar buruk. Mulai dengan yang baik – itu mungkin! Kabar buruknya adalah bahwa ini akan memakan waktu, tampaknya, banyak waktu dan usaha untuk berhasil. Jika butuh waktu satu jam bagi Churchill untuk menulis setiap menit pidatonya, daripada menulis tulisan Anda, yang menyajikan startup Anda, menghasilkan dampak dan keinginan untuk mendengar lebih banyak, akan menjadi tugas yang jauh lebih sulit. Dengan menggabungkan beberapa alat dan satu solusi sederhana, Anda juga dapat mengubah produk atau layanan paling kompleks menjadi menarik, sederhana, dan berharga. Mari kita mulai:

Tetapkan tujuan untuk Pitch Anda

Sebelum Anda duduk untuk menulis nada Anda, tetapkan diri Anda tujuan yang jelas dan terdefinisi. Tujuan ini harus mencakup jangka waktu, kejelasan dan kuantitas.

Apa tujuan akhir Anda? Mendapat dana? Pertemuan lain? Kerja sama? Nasihat?

Itu harus lebih fokus. Misalnya, Anda ingin didanai: berapa banyak uang tunai yang Anda butuhkan? Kapan Anda membutuhkannya? Secara bertahap atau sekaligus? Anda perlu tahu persis apa yang akan Anda minta. Jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, peluang untuk meraihnya menjadi produk keberuntungan.

Setelah Anda jelas tentang tujuan pitch Anda, Anda dapat duduk untuk menulisnya.

Promosi: merangsang investor

Jadi, Anda mendapat peluang besar dan Anda duduk sendirian di sebuah ruangan dengan calon investor Anda. Itu tidak berarti otak dan perhatiannya hanya diberikan kepada Anda. Misi Anda, sejak awal, adalah untuk menangkap perhatian penuhnya dan membuatnya benar-benar fokus pada Anda.

Ada beberapa cara untuk membangkitkan perhatian dalam waktu yang sangat singkat. Salah satunya, adalah menghadirkan fakta besar yang relevan dengan produk atau pasar Anda. Ini akan menghasilkan rasa ingin tahu dan pendengar kemungkinan akan mencoba memahami tentang apa itu. Penggoda itu juga bisa menjadi kisah pribadi, artikel menarik dari surat kabar, penelitian terobosan, apa pun yang akan meroket perhatiannya. Promosi Anda akan bekerja paling baik jika nilainya di dalamnya akan "membanjiri".

"Nilai banjir": apa untungnya baginya?

Sebagai cara untuk mengubah produk atau layanan Anda menjadi menarik, Anda harus memastikan, bahwa orang yang duduk di depan Anda, memahami nilai yang relevan untuknya. Setelah kami dapat menghubungkan antara teaser dan nilai, kami menciptakan "mental pintas" dan tingkat perhatian tumbuh secara signifikan.

Misalnya, ketika kita berjalan menyusuri jalan dan melihat kartu gores Iklan yang mengatakan "menggaruk sekarang dan menangkan 1.000.000 $" – Iklan itu meraih perhatian langsung kami dan membanjiri nilainya – kami ingin memenangkan 1.000.000 $ itu.

Jadi bahkan jika peluang kita untuk menang bertentangan dengan semua perhitungan statistik dan logis, perhatian kita sudah tertangkap karena kita segera disajikan ("dibanjiri") dengan nilainya, bahkan sebelum menjelaskan ide atau logika umum di baliknya.

Jadikan Sederhana

Setelah kami berhasil menarik perhatian, sekarang saatnya untuk menceritakan kisah produk atau layanan kami. Inilah bagian yang sangat menantang: dapatkah Anda benar-benar menjelaskan, terkadang dalam satu kalimat, apa yang dilakukan oleh perusahaan Anda produk layanan? Kehebatan sejati produk yang benar-benar bagus atau kompleks adalah kemampuan untuk membuatnya sederhana dan nyata.

Pastikan untuk tidak menggunakan bahasa yang sangat tinggi atau terlalu rumit, yang biasanya menciptakan opasitas dan menutupi ketidakmampuan untuk menghasilkan definisi yang jelas. Jika Anda berhasil melakukannya, dalam bentuk yang diminimalkan, itu akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk berinvestasi di bagian lain dari pitch Anda.

Kenapa kamu?

Menjelang akhir pitch Anda, inilah saatnya menjelaskan mengapa Anda. Mengapa Anda adalah orang yang dapat mengubah visi ini menjadi kenyataan. Ini adalah titik kritis ketika Anda bertanya kepada calon investor Anda untuk kepercayaannya (… dan uang).

Berikut adalah titik untuk menekankan latar belakang unik Anda di lapangan, memenangkan kombinasi tim atau keberhasilan sebelumnya. Penting untuk diingat bahwa sebagian besar keputusan yang kita lakukan tidak rasional, jadi sangat penting untuk menggunakan sikap dan metode presentasi Anda untuk memperkuat pesan Anda, tidak kurang dari daftar gelar atau pencapaian Anda.

Tip: kita cenderung mengaitkan kepercayaan diri – dan karenanya kepercayaan – ketika pundaknya lurus ke atas. Jadi, luruskan!

Menggabungkan bahan-bahan ini, yang membangun pitch kemenangan, akan membutuhkan waktu dan upaya Anda untuk mempertajam pesan Anda. Terkadang, menggunakan konsultan eksternal serta menggunakan teknologi baru dapat meningkatkan kinerja Anda.

Catatan: selain menggunakan PowerPoint lama, saya sangat menyarankan Prezi dan Bunkr.

Setiap tahun ada ratusan startup baru yang didirikan, dan bersama mereka menumbuhkan persaingan untuk investor. Kesan dan efek pertama yang Anda proyeksikan di awal bisa menjadi titik kritis yang akan memisahkan Anda dari yang lain, dan akan menyebabkan investor berinvestasi dalam diri Anda, di atas lautan startup lainnya.

Kadang-kadang, percakapan kecil ini dapat membuat impian hidup Anda menjadi kenyataan – jangan biarkan hal itu menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *