Apakah Investor Keuangan Atau Strategis Lebih Sesuai dengan Tujuan Anda?

Jika bisnis Anda adalah salah satu dari banyak bisnis yang membutuhkan modal tambahan, maka Anda memiliki pilihan dasar: apakah Anda mencari keahlian dan modal dari investor keuangan atau strategis? Keduanya memiliki implikasi yang sangat berbeda.

Investor keuangan, didefinisikan secara luas, termasuk dana modal ventura (untuk start-up atau perusahaan awal ke siklus hidup mereka), investor malaikat (untuk perusahaan kecil) dan dana ekuitas swasta. Seperti namanya, investor "keuangan" biasanya membawa keuangan ekuitas dan keahlian yang terutama bersifat keuangan, meskipun banyak investor keuangan juga membanggakan diri dalam membawa pengetahuan nilai tambah di bidang lain, seperti tata kelola perusahaan, restrukturisasi atau kadang-kadang bahkan keahlian dalam spesialisasi sektor, seperti logistik atau makanan dan minuman. Setiap investor keuangan akan memiliki kriteria untuk investasi yang memenuhi syarat yang ditetapkan dengan jelas, seperti ruang lingkup geografis, ukuran investasi minimum atau maksimum atau sektor preferensi.

Investor strategis memiliki spesialisasi industri dan akan mencakup perusahaan multinasional atau perusahaan mittelstand yang ingin go international. Secara lokal, ada peningkatan jumlah perusahaan CEE yang mengembangkan strategi untuk mengakuisisi dan tumbuh di seluruh kawasan, yang tampaknya menjadi akun untuk proporsi kegiatan investasi CEE yang terus meningkat.

Apakah Anda menargetkan investor keuangan atau strategis tergantung pada tujuan Anda. Sebagai contoh, perusahaan saya memiliki klien yang berkeras pada investor strategis, karena dia ingin keluar dari bisnisnya sesegera mungkin dan tidak ingin bertahan selama beberapa tahun, seperti yang biasanya diperlukan oleh investor keuangan. Klien yang berbeda bersikeras pada investor strategis karena ia memiliki konsep yang sangat sukses secara lokal dan menginginkan sinergi lintas-penjualan layanan yang akan dibawa oleh investor strategis. Lain bersikeras pada investor keuangan karena ia memiliki kekayaan intelektual yang ia tidak ingin pesaing potensial memiliki akses. Banyak klien akan meminta bunga dari investor strategis dan keuangan.

Menawarkan bisnis Anda kepada seorang investor keuangan biasanya akan mengambil tingkat persiapan yang lebih tinggi. Anda akan perlu memiliki rencana bisnis yang sangat menyeluruh dengan arus kas yang dapat diramalkan dengan relatif akurat setidaknya selama lima tahun, termasuk pendapatan, pengeluaran dan belanja modal (capex).

Meskipun kondisi pasar keuangan sulit, adalah mungkin untuk menemukan investor keuangan dan strategis, asalkan bisnis Anda cukup menarik dan harapan penilaian realistis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *